Saturday, January 30, 2010

CIRI-CIRI KHUSUS MAKHLUK HIDUP

A. CIRI KHUSUS PADA BEBERAPA JENIS HEWAN

1. Punuk pada Unta

1. Mempunyai punuk tempat menyimpan lemak sebagai cadangan makanan, sehingga unta dapat hidup tanpa makan dalam waktu lama.
2. Mempunyai kantung air di dalam perutnya yang dapat menampung sejumlah besar air (57 liter), sehingga unta dapat menempuh perjalanan jauh di padang pasir tanpa minum.
3. Kakinya mempunyai bantalan yang tebal untuk menahan panas dan agar tidak terbenam di pasir saat berjalan.
4. Memiliki dua baris bulu mata yang panjang, untuk melindungi mata dari pasir dan panas matahari.
5. Mempunyai lubang hidung yang dapat ditutup rapat, sehingga pasir tidak masuk ke lubang hidung.

2. Mata dan Pendengaran yang Tajam pada Burung Hantu
1. Burung hantu termasuk binatang nokturnal, yaitu binatang yang
beraktivitas di malam hari.
2. Memiliki penglihatan dan pendengaran yang sangat tajam dan
peka untuk menemukan mangsanya di malam hari.
3. Memiliki bulu yang halus dan lembut sehingga tidak terdengar
saat terbang, dengan demikian ia dapat menyambar mangsanya
secara diam-diam.
4. Mempunyai leher yang lentur yang dapat berputar 180 derajat,
sehingga dapat melihat mangsanya yang ada di belakang.


3. Alat Pendetesi Benda pada Kelelawar

1. Merupakan binatang nocturnal yaitu binatang yang mencari makan atau beraktivitas pada waktu malam, sedangkan pada siang hari untuk tidur.
2. Mempunyai kulit tipis(yang menyerupai sayap) yang bisa digunakan untuk terbang, sehingga kelelawar merupakan satu-satunya mamalia yang dapat terbang.
3. Mempunyai kemampuan ekolokasi yaitu kemampuan menentukan jarak mangsa ataupun rintangan berdasarkan pantulan bunyi ultrasonic yang dikeluarkan melalui mulutnya.


4. Semburan Air Ikan Pemanah/Ikan Sumpit

1. Ikan pemanah atau ikan sumpit, hidup di air tawar.
2. Untuk mendapatkan makanan ia menyemprotkan air pada hewan-hewan kecil, seperti laba-laba, capung, dan lalat yang bergantung pada ranting atau daun yang ada di atas permukaan air.






5. Lidah yang Panjang dan Lengket pada Trenggiling

1. Memiliki cakar yang kuat untuk menarik rayap/semut dari sarangnya.
2. Tidak memiliki gigi, tetapi memiliki lidah yang panjang dan lengket yang dapat dijulurkan untuk memperdaya mangsanya.
3. Memiliki sisik yang tebal dan keras, dan dapat menggulung tubuhnya seperti bola untuk melindungi diri.

6. Kaki Lengket pada Cecak

1.Cecak memiliki perekat di telapak kakinya. Kaki cecak tertutup kulit tipis yang memiliki bulu-bulu halus yang banyak yang bersifat lengket. Dengan kaki seperti itu, cecak dapat melekat pada dinding atau langitlangit rumah.
2.Cecak juga mampu memutuskan ekornya untuk mengelabui musuhnya. Ekornya akan tumbuh kembali menjadi lebih lebar dan pendek. Kemampuan cecak seperti ini dinamakan autotomi.

7. Selaput Renang pada Bebek

1.Bebek yang sedang berenang tampak meluncur di air dengan cepat. Hal itu disebabkan oleh adanya selaput renang pada kaki bebek. Fungsi selaput renang ini adalah untuk pergerakan di air.
2.Bebek juga memiliki paruh yang bentuknya khusus untuk mencari makan di dalam air dan lumpur. Paruh bebek bentuknya pipih dan lebar. Pada paruh bebek juga terdapat lempeng saringan yang berfungsi untuk menyaring makanan dari air dan lumpur.

B.CIRI KHUSUS PADA BEBERAPA JENIS TUMBUHAN

Tumbuhan yang ada di sekitar kamu sangat beragam. Keragaman itu disebabkan, salah satunya oleh lingkungan tempat hidupnya. Ciri-ciri khusus yang dimiliki tumbuhan tersebut bermanfaat untuk mempertahankan hidup. Berikut akan dijelaskan beberapa tumbuhan yang memiliki ciri-ciri khusus, yaitu tumbuhan kaktus dan tumbuhan pemakan serangga.


1.Ciri Khusus yang Dimiliki Kaktus
Pernahkan kamu melihat tumbuhan kaktus? Biasanya di tempat-tempat penjual tanaman hias dijual tumbuhan kaktus. Apakah ciri-ciri khusus tumbuhan kaktus tumbuh?





Tumbuhan Kaktus (Gambar 1) merupakan jenis tumbuhan yang hidup di daerah kering atau kurang air. Oleh karena itu, Kaktus memiliki batang yang banyak mengandung air. Air tersebut berguna untuk cadangan di musim kering. Di samping itu, bentuk daun Kaktus pun kecil, seringkali berbentuk duri. Dengan bentuk seperti itu, Kaktus dapat mengurangi penguapan air dari dalam tubuh.



2.Ciri Khusus yang Dimiliki Tumbuhan Pemakan Serangga
Ada beberapa tumbuhan di alam yang tidak dapat memenuhi semua kebutuhan unsur makanan yang diperlukan melalui akar. Tumbuhan seperti apakah itu? Dengan cara apa tumbuhan tersebut mendapatkan makanan selain melalui akar?
Tumbuhan yang mengalami hal tersebut adalah tumbuhan Kantong Semar dan tumbuhan Kejora (Venus). Kedua tumbuhan tersebut tidak dapat mencukupi kebutuhan nitrogen. Keadaan tanah tempat tinggalnya sangat kekurangan unsur nitrogen. Untuk memenuhinya, Kantong Semar dan Kejora menangkap serangga. Serangga mengandung banyak nitrogen.
Cara yang dilakukan, yaitu dengan menghasilkan cairan pada bagian daun untuk menarik perhatian serangga. Pada Kantong Semar, serangga akan masuk ke dalam kantong dan terperangkap di dalamnya. Bagian dalam daun mengandung lapisan mirip lilin sehingga serangga terpeleset. Adapun pada tumbuhan Kejora serangga yang hinggap dan menyentuh “lengan daun” akan terperangkap karena daun akan menutup dengan cepat. Kemudian, serangga tersebut akan dicerna oleh cairan yang dihasilkan daun. Perhatikan Gambar 2.

















REFRENSI :

No comments:

Post a Comment

Post a Comment